Perbedaan Sun Spot dan Dark Spot pada Wajah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Perbedaan sun spot dan dark spot pada wajah. Apakah Anda pernah mengamati kulit wajah dengan saksama? Mungkin Anda pernah menemukan beberapa spot atau titik pada kulit wajah yang memiliki warna lebih gelap.

Umumnya, spot ini kerap muncul pada area sekitar pipi dan hidung, serta memiliki ukuran yang relative kecil. Nah, kebanyakan orang beranggapan bahwa spot, noda, atau flek hitam tersebut muncul akibat terpapar sinar matahari dan tidak menggunakan sun block. Ada juga yang keliru mengira flek tersebut sebagai freckles. Padahal, belum tentu noda tersebut merupakan sun spot atau freckles dan bisa saja merupakan dark spot, lho! Yuk, kenali terlebih dahulu perbedaan antara sun spot dan dark spot.

Sun Spots

Dari namanya saja, tentu Anda sudah bisa menebak apa yang menjadi penyebab dari sun spot kan? Sun spot merupakan flek, noda, atau terjadi perubahan warna pada kulit akibat matahari. Setelah terekspos sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama, produksi melanin-pigmen yang berperan untuk memberi warna pada kulit-akan meningkat untuk melawan dampak sinar UVA/UVB. Saat sebuah sel memproduksi melanin terlalu banyak, area kulit tersebut akan terlihat lebih gelap sehingga muncul apa yang disebut dengan sun spot.

Berbeda dengan freckles yang memang merupakan highly active cells atau sel yang sangat aktif dengan produksi melanin yang tinggi dan bersifat genetic, sun spot terjadi karena upaya kulit untuk melindungi diri dari dampak sinar UVA/UVB.

Dark Spots

Sama seperti sun spot, dark spot pun merupakan terjadinya perubahan warna pada kulit. Nah, perbedaan utama antara sun spot dan dark spot adalah pada sebabnya. Sun spot dapat menjadi dark spot juga, namun, penyebab dark spot tidak terbatas pada sinar UVA/UVB saja. Selain karena dampak sinar matahari, dark spot dapat disebabkan oleh berbagai factor. Beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dark spot di antaranya adalah tanda lahir, bekas treatment dengan laser, bekas jerawat yang dipencet, bekas luka, bahkan genetic. Secara penampilan, umumnya sun spot memiliki warna yang cenderung lebih muda, berukuran kecil, dan tidak timbul jika dibandingkan dengan dark spot.

Pencegahan dan penanganan sun spot maupun dark spot

Di luar factor genetic, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya sun spot maupun dark spot pada kulit. Langkah pencegahan pertama yang juga paling penting adalah memiliki perlindungan kulit yang memadai dari sinar matahari. Untuk itu, jangan pernah lewatkan penggunaan sunscreen sebelum Anda beraktivitas setiap harinya. Meskipun sehari-harinya Anda beraktivitas di dalam ruangan, sinar UV tetap dapat melewati jendela kantor atau kampus. Nah, jika Anda berencana untuk menghabiskan waktu di bawah sinar matahari secara langsung, Anda bisa menambah perlindungan. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah mengapliaksikan ulang sunscreen secara berkala, pakaian yang menutup, atau menggunakan topi.

Namun, apabila sun spot maupun dark spot sudah terlanjur ‘hadir’ pada kulit Anda, jangan bersedih yaa! Masih ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi noda atau flek tersebut, kok! Perawatan paling umum dilakukan untuk menghilangkan flek pada wajah adalah dengan laser therapy yang dapat membantu mencegah pigmentasi melamin yang terjadi. Tentunya, Anda perlu berkonsultasi dengan dermatologis sebelum melakukan treatment ini, ya. Selain laser therapy, Anda juga bisa mencoba layanan klinik kecantikan seperti mikrodermabrasi atau chemical peeling. Kedua layanan tersebut melibatkan pengangkatan lapisan terluar kulit dan merangsang proses regenerasi kulit, sehingga dapat membantu mengatasi sun spot atau dark spot pada wajah. Sebagai tambahan, melakukan eksfoliasi secara rutin di rumah untuk mengangkat sel-sel kulit mati juga bisa membantu menyamarkan flek.

Nah ladies, itu dia beberapa penjelasan mengenai perbedaan sun spot dan dark spot pada wajah. ÉLÉVATIONE juga telah merilis produk perawatan bagi Anda yang ingin merasakan dan mendapatkan manfaat lebih dari perawatan kulit wajah yang mengalami sun spot dan dark spot pada wajah yaitu Hold Tight Daily Cream dan Hydra Day Cream. Kedua Cream ini dianggap produk yang paling inovatif untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UVA dan UVB, sehingga kulit tetap terjaga, tetap cerah, putih dan bersinar sepanjang hari. Sebagai produk day cream, krim ini bisa juga digunakan secara rutin setiap hari dan dianjurkan untuk digunakan pada pagi hari sebagai pelembap alami untuk perlindungan pada kulit wajah dan leher sebelum beraktivitas.

Selain produk diatas, dapatkan juga rangkaian series perawatan premium lainnya di store ÉLÉVATIONE yang bisa Kamu temukan di Mall Kuningan City, Mall Pacific Place dan Mall Central Park. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan Beauty Advisor berpengalaman lho. Untuk melakukan pemesanan produk secara online Kamu bisa langsung kunjungi website ÉLÉVATIONE atau official store ÉLÉVATIONE di Tokopedia dan Shopee.

More To Explorer

Manfaat hyaluronic untuk wajah

Manfaat Hyaluronic Untuk Wajah

Manfaat Hyaluronic Untuk Wajah Manfaat hyaluronic untuk wajah. Apa itu hyaluronic? hyaluronic atau asam hialuronat adalah bahan bening dan lengket yang secara

Mengatasi bekas jerawat

Mengatasi bekas jerawat

Mengatasi bekas jerawat. Bekas jerawat merupakan salah satu masalah yang umum sering terjadi di kalangan remaja. Bahkan, masalah yang satu ini bisa

serum wajah

Jenis Dan Manfaat Serum

Jenis dan manfaat serum. Salah satu step dalam menggunakan skincare adalah dengan mengaplikasikan serum. Namun apa itu serum? Terdengar familiar bukan? Tapi

Leave a Reply