Mengatasi Masalah Kulit Berjerawat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Mengatasi Masalah Kulit Berjerawat Elevatione – Orang dengan kulit kombinasi atau berminyak memiliki masalah pada kualitas dan kuantitas sebum, yang berarti kulit mereka lebih cenderung memiliki jerawat dan noda. Jerawat sangat umum muncul pada masa remaja, memengaruhi 80% anak muda. Tapi jerawat juga bisa muncul pada orang dewasa, baik pria maupun wanita. Mengatasi masalah kulit berjerawat sering kali membawa dampak psikologi bagi penderitanya. Maka dari itu, penanganan yang tepat sangat dianjurkan.

Jerawat adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyembatan pada pori-pori kulit. Peradangan ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang biasanya berisi nanah ) di atas kulit. Gangguan kulit ini biasa terdapat di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada dan punggung.

Gejala jerawat

Pada dasarnya jerawat memiliki gejala yang cukup umum, yaitu benjolan kecil yang muncul di atas kulit. Benjolan tersebut biasanya berwarna kemerahan atau kuning (karena mengandung nanah). Sedangkan komedo merupakan benjolan-benjolan kecil yang mengandung sumbatan sebum. Selain itu, ada beberapa tanda lainnya dari jerawat, seperti sensasi panas/terbakar akibat adanya peradangan dan timbulnya rasa gatal.

Pengobatan jerawat

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat harus disesuaikan dengan tingkat keparahan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara :

  1. Mengurangi produksi minyak
  2. Melawan infeksi bakteri
  3. Mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan
  4. Obat mengandung sulfur, resorcinol atau asam salisilat.
  5. Antibiotic

Selain itu juga bisa dengan menggunakan Isotretinoin. Namun penggunaannya memerlukan pengawasan dari Dokter, karena dapat menimbulkan efek samping yang buruk.

Penyebab jerawat juga ada berbagai macamnya

  1. Produksi minyak berlebih
  2. Siklus hormonal
  3. Faktor genetic
  4. Bakteri
  5. Stress
  6. Penggunaan kosmetik yang salah

Jerawat yang timbul dengan berbagai macam penyebab tersebut bisa dihindari dan di minimalisir. Menganut pola hidup sehat dan penggunaan kosmetik yang baik dapat mencegah atau menghilangkan jerawat yang mengganggu kulit wajah. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormone testosterone, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita.

Jerawat juga berkaitan dengan kesehatan mental seseorang. Tidak hanya mengganggu kesehatan kulit, jerawat dapat membuat seseorang alami penurunan rasa percaya diri hingga depresi. Ada baiknya kesehatan kulitmu tidak hanya dari luar, namun juga kamu harus perhatikan dari dalam kulit.

More To Explorer

Kesalahan Merawat Kulit Wajah Berminyak

Kesalahan Merawat Kulit Wajah Berminyak

Kesalahan Merawat Kulit Wajah Berminyak. Banyak wanita yang mengeluh memiliki kulit wajah berminyak dan sering melakukan kesalahan dalam merawat kulit wajah berminyak

Manfaat hyaluronic untuk wajah

Manfaat Hyaluronic Untuk Wajah

Manfaat Hyaluronic Untuk Wajah Manfaat hyaluronic untuk wajah. Apa itu hyaluronic? hyaluronic atau asam hialuronat adalah bahan bening dan lengket yang secara

Leave a Reply