Penyebab Kulit Kering

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Penyebab Kulit Kering Elevatione – Banyak faktor yang menjadi penyebab kulit kering, kulit yang semakin kering dapat mengganggu penampilan dan merawatnya pun cukup menyulitkan. Seperti yang kita tahu, bahwa kulit pasti mempunyai peranan penting dalam tubuh, kulit mempunyai fungsi diantaranya adalah membantu menjaga kestabilan suhu tubuh, melindungi tubuh dari berbagai macam kuman, dan menjaga keseimbangan cairan pada tubuh.

Setiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda, kulit yang sehat, biasanya lebih lembap, tampak segar, elastis, serta bebas dari rasa gatal atau perih. Untuk mendapatkan kulit yang sehat pun bukanlah hal mudah, seringkali ada masa dimana kulit menjadi bermasalah dan salah satu yang paling umum yaitu kulit kering.

Kira – kira apa ya penyebab kulit kering? Kita simak yuk penjelasannya :

  1. Faktor Eksternal

Biasanya kulit kering di sebabkan oleh, cuaca, atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC, ini juga bisa menjadi pemicu kulit kamu menjadi kering. Jadi ada baiknya, kamu sering menggunakan cream pelembab untuk kulit kamu agar tetap lembap dan sehat.

  1. Faktor Internal

Faktor genetic seringkali menjadi salah satu penyebab terjadinya kulit kering. Bila orang tua kamu mempunyai kulit yang kering, kemungkinan besar kamu juga akan merasakannya. Atau biasanya faktor internal yang di maksud adalah penuaan, makin dewasa umur seseorang, secara otomatis tekstur kulit juga akan mengendur atau kering.

Jika kamu sudah tahu apa penyebab kulit kamu menjadi kering, sekarang solusinya untuk kulit kamu yang kering adalah sebagai berikut :

  1. Coba Hindari Penggunaan Air yang Terlalu Panas

Kamu boleh saja mandi dengan air hangat, tapi kadar panasnya juga harus maksimal di 1 derajat di atas suhu tubuh yaitu mungkin 38 derajat celcius. Ini karena air yang panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit.

  1. Gunakan Sabun Khusus untuk Kulit Kering

Sabun tersebut biasanya mencantumkan label “moisturizing” atau melembapkan. Sebisa mungkin pilihlah sabun yang tidak mengandung pewangi atau pewarna.

  1. Hindari Sabun dan Detergen yang Dapat Merusak Kulit

Sabun antibakteri dan mengandung alcohol dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah iritasi.

  1. Gunakan Pelembab

Segera setelah tubuh dikeringkan, gunakan pelembab ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Gunakan pelembab alami yang mengandung Vitamin E, minyak alpukat, minyak biji apricot, dan Vitamin A.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Kulit kering sering kali menjadi pertanda tubuh yang dehidrasi (kekurangan cairan). Jadi salah satu cara melembapkan kulit kering adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan, yaitu 1,5 – 2 Liter per hari.

Ada banyak cara merawat kulit kering dan tentunya tidak rumit yang bisa kamu lakukan. Dengan mengikuti panduan di atas dengan teratur, bukan tidak mungkin kulit kamu dapat sehat dan segar kembali.

More To Explorer

Kesalahan Merawat Kulit Wajah Berminyak

Kesalahan Merawat Kulit Wajah Berminyak

Kesalahan Merawat Kulit Wajah Berminyak. Banyak wanita yang mengeluh memiliki kulit wajah berminyak dan sering melakukan kesalahan dalam merawat kulit wajah berminyak

Manfaat hyaluronic untuk wajah

Manfaat Hyaluronic Untuk Wajah

Manfaat Hyaluronic Untuk Wajah Manfaat hyaluronic untuk wajah. Apa itu hyaluronic? hyaluronic atau asam hialuronat adalah bahan bening dan lengket yang secara

This Post Has 2 Comments

  1. Natalia Soenoto

    Kulit wajahku kering, ditambah seringnya berasa di ruangan AC..
    Tips nya berguna banget..

Leave a Reply